Membuat Nama Nim Jurusan Font Warna Font Makanan & Minuman Kesukaan Pada Netbeans

4.1 PENDAHULUAN
Pada BAB 4 ini akan dikemukakan pengetahuan dasar mengenai komponen-komponen apa saja yang terdapat di dalam pembuatan GUI.melalui bab ini diharapkan kita akan memahami dengan benar komponen yang terdapat didalamnya , bagaimana cara membuatnya serta langkah-langkah dalam pembuatannya untuk mempercepat proses kita bekerja.

4.2 TUJUAN
1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan JLabel , JButton dan JTextField
2. Mengetahui kegunaan dari JLabel , JButton dan JtextField
3. Mengetahui kegunaan dari jComboBox, menu bar, dan text area.

4.3  DASAR TEORI
JLabel merupakan salah satu komponen yang paling banyak digunakan dalam membuat program java terutama yang berbasis GUI. JLabel dapat menampilkan Teks atau Image pada GUI sebagai informasi pada user, sebagai contoh, sebagai sebuah label didepan JTextField, JComboBox, dll. Kita bisa menambahkan Teks (termasuk tag HTML), image, atau Keduanya dalam sebuah JLabel. JLabel mempunyaI background yang transparan, jadi kita tidak perlu khawatir dengan tampilan Jlabel ini, karena akan selalu cocok dengan latar belakang GUI dari Applikasi yang kita buat. JLabel juga berasal dari package Swing, yang berguna untuk membuat label atau keterangan serta menjelaskan komponen GUI, atau dengan kata lain menambahkan komentar pada suatu frame di GUI.

JButton merupakan merupakan salah satu komponen swing yang terletak di paket javax.swing. Komponen button hanya dapat memicu event aksi (event dari kelas ActionEvent) dan tidak dapat memicu event item (event dari kelas ItemEvent) seperti komponen check box (kelas JCheckBox) dan radio button (kelas JRadioButton).

Kelas JButton merupakan kelas turunan dari kelas AbstractButton yang terletak di paket javax.swing.Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java dan Penanganan ActionEvent Di Java (actionPerformed), telah digunakan kelas JButton untuk memicu event aksi dan bagaimana event tersebut ditangani. Banyak sekali metoda-metoda yang dimiliki kelas JButton merupakan metoda turunan dari kelas AbstractButton. Metoda isSelected yang dipanggil melalui obyek check box merupakan salah satunya. Karena kelas JCheckBox adalah juga turunan dari kelas AbstractButton, maka  metoda tersebut dapat dipanggil melalui obyek (instance) dari kelas JCheckBox. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent.

JTextField pada umumnya digunakan untuk melakukan input data.Kelas ini diturunkan dari kelas JtextComponent, yang merupakan turunan langsung dari komponen Jcomponent.Bentuk umum dari beberapa conctuctor kelas JtextField.
JtextField()
JtextField(int cols)
JtextField(String str, int cols)
JtextField(String str)
Dalam hal ini , str adalah teks yang diisikan untuk proses inisialisasi dan cols adalah jumlah kolom untuk tampilan objek JtextField.

4.4 LANGKAH KERJA
1) Memberikan jLabel1 hingga jLabel8, jTextField1 hingga  jTextField3, jComboBox1 hingga jComboBox5, jButton1, dan text area 2. Seperti pada gambar di bawah ini.


2) Klik kanan pada jTextField1 pilih  Events  Key  keyReleased. Seperti pada gambar di bawah ini. Begitu juga pada jTextField2 dan jTextField3.

3) Klik kanan pada jComboBox1  pilih properties. Seperti pada gambar di bawah ini. Begitu juga sampai pada jComboBox5.

4) Klik pada gambar   kemudian isi pada model, menurut model jComboBox tersebut. Seperti pada gambar di bawah, begitu juga pada jComboBox  lainnya.

5) Klik kanan pada jCombBox1  Events  Action  actionPerformed. Seperti pada gambar di bawahini.

6) Isikan source seperti gambar di bawah ini pada jComboBox1ActionPerformed.

7) Klik kanan pada jCombBox2  Events  Action  actionPerformed. Seperti pada gambar di bawah ini.

8) Isikan source seperti gambar di bawah ini pada jComboBox2 ActionPerformed.

9) Klik kanan pada jComboBox3 Events Action  actionPerformed. Seperti pada gambar di bawah ini.

10) Isikan source seperti gambar di bawah ini pada jComboBox3ActionPerformed

11) Klik kanan pada jButton1  Events  Mouse  mauseCliked.  Seperti pada gambar dibawah ini.

12) Isikan source seperti pada gambar di bawah ini, pada jButton1MouseCliked.

13) Klik kanan pada jCombBox4  Events  Action  actionPerformed. Seperti pada gambar di bawah ini.

14) Isikan source seperti gambar di bawah ini pada jComboBox4ActionPerformed.


15) Klik kanan pada jCombBox5  Events  Action  actionPerformed. Seperti pada gambar di bawahini.

16) Isikan source seperti gambar di bawah ini pada jComboBox5ActionPerformed.

17) Tampilan hasil run file dari program di atas. Seperti pada gambar di bawah.


 18) Hasil program setelah di jalankan. Seperti pada gambar di bawah ini.
4.5 ANALISA
Pada percobaan diatas dapat dianalisa bahwa, Pada private void jTextField1KeyReleased(java.awt.event.KeyEvent evt),  jLabel1 di set menjadi text dengan perintah setText menjadi (jTextField1.getText()) getText untuk menjalankan perintah text pada jLabel1, begitu juga dengan jTextField2 dan jTextField3, agar setiap sesuatu yang diketikan pada JTextField1, JtextField2 dan jTextField3 ditampilkan pada text area.

Pada jComboBox1ActionPerformed, Jika pada jComboBox1 di pilih item bola maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi bola, maka jika pada jComboBox1 di pilih item raket maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi raket, maka jika pada jComboBox1 di pilih item lari maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi lari, maka jika pada jComboBox1 di pilih item renang maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi renang, maka jika pada jComboBox1 di pilih item lompat maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi lompat.

Pada jComboBox2ActionPerformed, Jika pada jComboBox2 di pilih item nasgor maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi nasgor, maka jika pada jComboBox1 di pilih item kfc maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi kfc, maka jika pada jComboBox1 di pilih item mie maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi mie, maka jika pada jComboBox1 di pilih item kuahplik maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi kuahplik, maka jika pada jComboBox1 di pilih item burger maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi burger.

Pada jComboBox3ActionPerformed, Jika pada jComboBox3 di pilih ice coklat maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi ice coklat, maka jika pada jComboBox3 di pilih item ice papaya maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi ice papaya, maka jika pada jComboBox3 di pilih item ice jeruk maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi ice jeruk, maka jika pada jComboBox3 di pilih item ice kelapa maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi ice kelapa, maka jika pada jComboBox3 di pilih item sirup maka jTextArea1 di  merubah style font menjadi sirup.

Pada jButton1MouseCliked, jTextArea1 di set manjadi text, pada nama di panggil jTextField1 dan menampilkan text,pada nim di panggil jTextField2 dan menampilkan text, pada jurusan di panggil jTextField3 dan menampilkan text, pada hobi di panggil jComboBox1 dan menampilkan item yang di pilih, dan pada makanan di panggil jComboBox2 dan menampilkan item yang di pilih, dan pada minuman di panggil jComboBox3 dan menampilkan item yang di pilih, dan pada font di panggil jComboBox4 dan menampilkan item yang di pilih, dan pada warna di panggil jComboBox5 dan menampilkan item yang di pilih.

Pada jComboBox4ActionPerformed, jika pada jComboBox4 di pilih item 11 maka pada jTextArea1 dan jTextArea2  ukuran font menjadi 11, maka jika pada jComboBox4 di pilih item 12 maka pada jTextArea1 dan jTextArea2  ukuran fontmenjadi 12, maka jika pada jComboBox4 di pilih item 14 maka pada jTextArea1 dan jTextArea2  ukuran fontmenjadi 14.

Pada jComboBox5ActionPerfomed jika jComboBox5 di pilih item Merah, maka pada jTextArea1 dan jTextArea2 di set pada warna depannya menjadi red (merah). Maka jika jComboBox5 di pilih item Kuning, maka pada jTextArea1 dan jTextArea2 di set pada warna depannya menjadi Yellow (kuning). Maka jika jComboBox5 di pilih item Biru, maka pada jTextArea1 dan jTextArea2 di set pada warna depannya menjadi Blue (Biru).

4.6 KESIMPULAN
Dari percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa,  Key event dipicu ketika sebuah tombol di keyboard ditekan. Sebuah kelas atau inner class yang juga bertindak sebagai obyek pendengar harus mengimplementasikan interfes KeyListener untuk dapat mendengar adanya key event tersebut memerlukan kelas KeyAction sebagai argumen dari parameternya. MouseClicked Sebuah metode yang aka di eksekusi perintahnya jika saat di klik.